TUGAS PENDIDIKAN IPS SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KONTEKSTUAL
DISUSUN OLEH :
RUDY YUDHATAMA K7108220
PUTRI NOVITASARI K7108056
RIANA YULIANTI K7108214
SHINTA DEVI M K7108223
SITI SALAMAH K7108229
SLAMETO K7108231
PROGRAM S1 PGSD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri XXX
Mata Pelajaran : IPS
Hari / Tanggal : ……….
Kelas / Semester : IV (empat) / 2 (dua)
Alokasi waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
I. Standar Kompetensi
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
II. Kompetensi dasar
2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
III. Indikator
a. Kognitif
1. Produk
2.1.1 Menjelaskan pengertian, tujuan, manfaat koperasi.
2.1.2 Menjelaskan arti lambang koperasi.
2. Proses
2.1.3 Mengumpulkan informasi tentang manfaat koperasi bagi masyarakat.
b. Afektif
1. Perilaku berkarakter : Menampilkan sikap kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2. Keterampilan sosial : Bekerjasama, mengemukakan pendapat, mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain.
c Psikomotor
1. Menyusun puzzle lambang koperasi.
IV. Tujuan pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
a. Melalui ceramah bervariasi siswa dapat menjelaskan pengertian koperasi dengan benar.
b. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan tujuan koperasi dengan benar.
c. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan manfaat koperasi dengan benar.
d. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti lambang koperasi dengan benar.
2. Proses
Melalui wawancara siswa dapat mengumpulkan informasi tentang manfaat koperasi bagi masyarakat dengan benar.
b. Afektif
1. Perilaku berkarakter
Melalui diskusi siswa dapat menampilkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dengan benar.
2. Keterampilan sosial
a. Melalui diskusi siswa dapat bekerjasama dalam kelompok dengan benar.
b. Melalui diskusi siswa dapat mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok dan kelas dengan benar.
c. Melalui diskusi siswa dapat mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain dengan benar.
c. Psikomotor
1. melalui penugasan Siswa dapat menyusun lambang koperasi dengan benar.
V. Dampak pengiring
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat menerapkan sikap tanggung jawab, gotong royong, dan kekeluargaan dalam kehidupan sehari-hari.
VI. Materi Pembelajaran
(terlampir)
VII. Metode dan Model Pembelajaran
- Metode : 1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Penugasan
b. Model Pembelajaran : CTL (Contaxtual Teaching and Learning)
VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan
| 5 menit |
Ceramah bervariasi
Tanya jawab
|
2. | Kegiatan inti
1. Guru menunjukkan gambar-gambar contoh tentang koperasi. 2. Guru menjelaskan pengertian koperasi siswa diminta mencatat. 3. Siswa dan guru berkunjung ke koperasi sekolah.
1. Siswa secara berkelompok mewawancarai salah seorang pengurus koperasi sekolah ( LKS 1). 2. Siswa melakukan diskusi tentang hasil wawancara, manfaat, dan tujuan koperasi. 3. Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilaksanakan, kelompok lain menyimak, menanggapi dan memberikan pertanyaan. 4. Siswa menyusun puzzle lambang koperasi. 5. Guru menjelaskan arti lambang koperasi.
1. Guru bersama siswa mngevaluasi jalanya diskusi dan wawancara yang telah dilaksanakan. . | 60 menit 5 menit
50 menit
5 menit |
Ceramah bervariasi Ceramah bervariasi
Wawancara
diskusi
diskusi kelas diskusi kelompok Tanya jawab
Tanya jawab |
3. | Penutup
| 5 menit |
|
IX. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Sumber : 1) Buku Sekolah Elektronik IPS Kelas IV karya Sadiman
2) Silabus kelas IV
b. Media : 1) lambang koperasi
X. Penilaian
a. Prosedur : tes proses dan tes akhir
b. Jenis : Tes tertulis
c. Bentuk : subyektif/ uraian
d. Alat : Soal, kunci jawaban, kriteria penilaian, lembar pengamatan dan lembar kerja peserta didik.
Guru Kelas Kepala Sekolah
_____________ ________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar